RESUME
KETERAMPILAN DALAM BERBAHASA
(BERBICARA,
MEMBACA DAN MENULIS)
Diajukan untuk memenuhi tugas mandiri
Mata Kuliah: Bahasa Indonesia
Dosen: Indrya Mulyaningsih, M.Pd.
disusun oleh:
Saeful
Mubarok
BIMBINGAN
KONSELING ISLAM
ADAB
DAKWAH DAN USHULUDDIN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SYEKH NURJATI
CIREBON
2012
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa merupakan salah satu aspek yang tidak dapat
dipisahkan dari seluruh kehidupan umat manusia semenjak kita lahir sehingga
kita tumbuh dewasa dan hingga tua nanti.
Manusia dilahirkan sudah dituntut untuk mahir dalam
berbahasa. Misalkan diwaktu kita masih bayi kita belum bisa melihat tapi
kita bisa mendengar apa yang
sedang terjadi di sekililing kita.
Ketika kita di masa balita. Kita sudah mahir menyimak,
dalam artian apa yang kita dengar dari kedua orang tua kita adalah kebenaran
yang ditujukan mereka kepada kita. Menyimak adalah tingkatan pertama yang kita
lalui yang kemudian kita dituntut untuk mengucapkan apa yang telah kita simak
dari apa yang lingkungan telah diparparkan.
Setelah
menyimak dan mendengar kemudian selanjutnya
kita pun dilatih untuk menulis. Dengan cara sang tutor atau kedua orang tua
kita hanya menyerahkan alat tulis kepada kita. Walaupun kita belum bisa
mengenal huruf akan tetapi sang tutor atau kedua orang tua membimbing dengan
caranya masing-masing. Setelah itu kita diajak untuk membaca. Membaca bukan
hanya sekedar kita membaca tulisan, akan tetapi dari gambar pun kita sudah bisa membaca karakter.
Tapi
semuanya belum cukup jika kita tidak mengetahui teori-teori keterampilan
berbahasa, dan bagaimanakah kita mengetahuinya? Tentu kita harus belajar dengan
guru, di sekolah misalnya. Tapi itu juga belum cukup kita harus mengetahui
masalah-masalah yang dihadapi seseorang dalam keterampilan berbahasa, dan
bagaimana menanggulanginya.
Disini
penyusun akan menjelaskan masalah-masalah yang dihadapi beberapa mahasiswa BKI
di IAIN SYEKH NURJATI Cirebon.
B. Rumusan Masalah
1.
Bagaimanakah
memotifasi orang untuk membaca?
2.
Apa yang
dimaksud dengan membaca mekanis?
3.
Cara efektif
untuk memahami dalam membaca?
4.
Bagaimanakah
tehnik membaca cepat namun tetap memahami isinya?
5.
Bagaimana atau
termasuk apakah bicaranya orang setres itu komunitatif atau tidak?
6.
Apa yang
dimaksud keterampilan lingiuistic?
7.
Apa percakapan
terpimpin itu?
8.
Bagaimana
meningkatkan motivasi untuk menyeleseikan skripsi?
9.
Apa alasan
biografi itu masuk tulisan narasi?
10.
C. Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui
masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa BKI di dalam keterampilan berbahasa.
2. Untuk mengetahui jawaban dari masalah-masalah
tersebut.
3. Untuk mengembangkan diri dalam keterampilan
berbahasa.
D. Manfaat Penulisan
Dengan mengetahui dan memahami pengertian dasar dari
masing-masing unsur yang mendukung dalam keterampilan berbahasa, kita menjadi benar-benar terampil dalam berbahasa,
karena kecakapan dalam berbahasa menentukan kadar keilmuan seseorang.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Memotifasi
orang untuk membaca.
Motivasi ada dua macam internal dan eksternal, untuk yang
internal kita manfa’atkan kecerdasan yang kita miliki, sedangkan motivasi
eksternal diantaranya terobsesi untik mwujudkan
harapan dan cita-cita.Apa yang dimaksud dengan membaca
mekanis?
2.
Cara
efektif untuk memahami dalam membaca
Membaca harus sesuai
dengan apa yang ia butuhkn, sehingga adanya korelasi antara pembaca dan
objeknya.
3.
Membaca
mekanis
Membaca mekanis
adalah Membaca dengan
bersuara dan bisa juga diartikan membaca memindai.
4.
Tehnik
membaca cepat namun tetap memahami isinya.
Untuk dapat
membaca cepat dan
tetap memahami isi bacaaan tersebut, berikut teknik-tekniknya:
·
Mempersiapkan diri
·
Minimalkan gangguan
·
Duduklah dengan sikap tegak
·
Luangkan waktu beberapa saat untuk menenangkan pikiran.
·
Gunakan jari atau benda lain sebagai petunjuk.
·
Lihat sekilas bahan bacaan sebelum mulai membaca, dan
Sering-sering lah berlatih dalam membaca.
5.
Bicaranya
orang setres.
Bicaranya orang setres itu Komunikatif, tapi komunikatif
yang pasif, dalam artian kita harus masuk dalam pembicaraan mereka dulu,
selanjutnnya baru kita yang mengajak mereka untuk masuk dalam pembicaraan kita.
6.
Keterampilan
lingiuistic.
Berbicara
dengan bahasa baku yang menggunakan keterampilan berbahasa.
7.
Percakapan
terpimpin.
Percakapan
yang sifatnya formal. Artinya penggunaan bahasa dalam berbicara harus memakai
bahasa yang lebih sopan, efektif, dan komunikatif.
8.
Meningkatkan
motivasi untuk menyeleseikan skripsi.
Membangun
motivasi itu dibangun dari diri sendiri dengan melakukan pembenahan diri dan
melihat dampak atas apa yang akan dia alami, dan harus dipaksa untuk menjadi orang yang lebih baik.
9.
Alasan
biografi itu masuk tulisan narasi.
Kalau deskripsi itu mengenai keadaan sebenarnya tanpa ada
rangkaian peristiwa menurut urut kejadiannya, jika biografi itu bisa masuk ke
dalam tulisan narasi, karena menceritakan pendidikanya dari kecil sampai dewasa
secara berurutan.
Tribute to an Ornamental Eyeglass Frame - T-1000
BalasHapusOur high-end and affordable Tribute black titanium rings to an remmington titanium Ornamental Eyeglass 바카라 사이트 유니 88 Frame has a fantastic design and titanium blade the only titanium wood stoves difference: you have access to